[Studi Kasus] Profit Rp.300 Juta cuma dari 1 kursus

[Studi Kasus] Profit Rp.300 Juta cuma dari 1 kursus

             Hai, perkenalkan saya Ridho Pratama, Saya memiliki passion dalam membantu pakar untuk go digital.

             Dalam blog ini, akan dibahas studi kasus bagaimana saya profit lebih dari Rp300 juta hanya jualan 1 kursus online dalam waktu yang relatif singkat dengan modal kurang dari Rp. 500 rb! 

              Tujuan studi kasus ini adalah untuk memotivasi pembaca bahwa ada peluang yang besar yang bisa kita optimalkan dalam industri E-Learning di masa depan.

              Researchandmarket memprediksi industri E-learning pada tahun 2027 akan terus meningkat mencapai RP. 7865 trilyun diseluruh dunia. 

              Akan sangat membahagiakan jika kita semua bisa mendapatkan sepotong kue kecil dari market ini! 

             Saat ini banyak lembaga pendidikan asing yang masuk ke Indonesia untuk berpromosi dan mengambil peluang besar ini.

             Dari pada bangsa kita menjadi market. Lebih baik kita maju bersama membalikkan keadaan dimana indonesia menjadi penyedia kursus untuk nasional maupun internasional. 

             Saya siap pandu Anda semua dengan program-program saya! dalam 2 tahun ini saya mengembangkan sistem pendidikan komprehensif yang otomatis.

            Tujuan kedua adalah agar kebaikan ilmu pengetahuan bisa menjangkau seluruh orang di Indonesia dalam waktu singkat dan memberikan keseimbangan baik pada pendidik maupun peserta didik. 

          Peserta didik mendapatkan skill dari orang-orang terbaik dan para pendidik mendapatkan imbal balik finansial yang layak sehingga memiliki budget untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. 

            Kenapa pilih menjual kursus?

           karena lebih praktis jika dibandingkan dengan menjual produk fisik. tidak perlu repot produksi barang, pengemasan produk, dan pengiriman barang. 

            Jadi saya mencari produk yang bisa dijual tanpa menyita banyak waktu. yaitu video pembelajaran. 

        Beberapa keunggulan kursus online yang bisa Anda dapatkan yaitu: 

  1. menjual kursus online memungkinkan Anda menyampaikan materi pelatihan kepada audiens yang lebih luas. Kursus online dapat diakses oleh orang-orang di seluruh dunia. Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga extra untuk mengajar jutaan orang diseluruh dunia. Cukup mereka mendengarkan video pembelajaran Anda. Anda bisa mengajar sambil rebahan dirumah! 
  2. menjual kursus online juga lebih mudah daripada menjual produk fisik. Anda tidak perlu repot dengan persiapan produksi, pengiriman, dan penanganan kembali produk yang rusak atau tidak sesuai. Dengan menjual kursus online, Anda hanya perlu fokus pada pembuatan konten yang berkualitas dan promosi untuk menarik perhatian pelanggan. 
  3. menjual kursus online juga dapat menghasilkan pendapatan yang lebih stabil dan menguntungkan daripada menjual produk. Dengan menjual kursus online, Anda dapat mengumpulkan uang dari banyak orang sekaligus, sehingga meningkatkan pendapatan secara keseluruhan. Anda juga dapat menawarkan harga yang kompetitif karena tidak perlu menanggung biaya produksi dan pengiriman. 
  4. menjual kursus online juga dapat membantu Anda membangun reputasi sebagai ahli di bidang Anda. Dengan menyediakan kursus online yang berkualitas, Anda dapat menunjukkan keahlian Anda dan menarik perhatian orang-orang yang tertarik untuk belajar dari Anda 
  5. Kursus online dapat diakses oleh orang-orang di seluruh dunia, sehingga memungkinkan Anda menyampaikan materi pelatihan kepada audiens yang lebih luas. Kursus online juga memberikan fleksibilitas bagi peserta untuk mengikuti kursus kapan saja dan di mana saja, selama mereka memiliki koneksi internet. 

 

Pembuatan Video Pembelajran

              Video pembelajaran adalah jantung dari pendidikan digital. Maka berikan perhatian penuh Anda untuk mengembangkan kurikulum yang berdampak dan video yang interaktif. 

              Saya memiliki prinsip "one thing" yaitu fokus membuat "satu" kursus, untuk "satu" jenis audience, menggunakan "satu" situs, dan menggunakan "satu" channel promosi digital.

             Dengan teknik ini kita bisa jauh lebih fokus menghasilkan sebuah kursus yang maksimal dan tertarget serta mudah dibesarkan. 

            Kita tidak banyak membuang waktu mengerjakan berbagai kursus yang ternyata tidak laku karna tidak banyak yang perlu ilmunya. 

            Jadi saya sediakan waktu khusus untuk meneliti apakah kursus ini dibutuhkan banyak orang, apakah orang tersebut memiliki kemampuan membeli, apakah saya punya skill untuk membuatnya. 

              Oleh karena itu saya membuat kursus yang berisi kumpulan pengalaman dan pengetahuan yang saya dapatkan beberapa tahun yang lalu ketika bekerja di perusahaan swasta dijakarta. 

            ilmu ini saya gunakan setiap hari dalam profesi saya yang dulu sebagai digital marketer. Saya terbiasa membuat video, desain grafis dan artikel blog untuk Saya merancang dan merekam video kursus ini kurang dari 1 minggu dengan hp samsung a5 dan laptop seadanya. 

               Video saya buat dalam format rekaman screen recording menjelaskan step by step secara detail. 

               Setelah video jadi kemudian saya upload ke sistem yang bisa diakses setelah orang membeli kursus saya. 

Cara Mempromosikan Kursus

              Saya hanya memiliki budget Rp. 500 ribu untuk promosi. dan untuk awalan saya ingin tau apakah ada orang yang tertarik untuk membeli. maka saya jual kursus ini dengan harga yang murah yaitu Rp. 99 rb. 

             Saya menggunakan facebook karna saya ingin mentarget orang dewasa dengan umur 30-50 tahun. data yang saya dapatkan sosmed facebook banyak digandrungi oleh target ini. Berbeda dengan instagram dan sosmed lain banyak di minati anak muda. 

             Jadi sesuaikan jenis media promosi dengan target market Anda! Saya jalankan iklan di facebook dengan budget 500 ribu menggukan gambar dan video promosi yang saya rekam sendiri menggunakan kamerakamera HP. 

            Diluar dugaan dalam satu hari terdapat 10 pembeli program kursus ini. padahal saya baru menghabiskan uang 100 ribu untuk promosi. 

           Tidak pikir panjang, setiap hari saya tambahkan modal iklan dari keuntungan. dan benar sehari modal satu juta bisa profit kembali jadi 5-10 juta dalam sehari. Puluhan orang join dengan kursus ini setiap hari! 

              Saya jalankan terus iklan ini hingga mendapatkan profit Rp. 100 juta rupiah dalam 1 bulan. Jumlah yang sangat besar bagi saya yang cuma dosen biasa biasa saja. 

               Perlahan harga kursus saya naikkan hingga mencapai Rp 499.000 setelah saya mendapatkan banyak peserta dan testimoni peserta kursus yang sangat puas dengan materi yang saya ajarkan. 

              Dari sekian banyak peserta kursus mulai bermunculan undangan untuk menjadi pembicara workshop di seluruh Indonesia dan ini jauh lebih besar profitnya dibandingkan dari kursus online yang saya jual. 

               Ternyata kursus online menjadi gerbang agar keahlian kita dikenal banyak orang! 

               Selanjutnya akan datang tawaran tawaran dari berbagai institusi untuk menjadi narasumber sehingga Anda bisa menjadi pembicara nasional! 

                Saya yakin Anda pun bisa jika mengikuti teknik saya ini! 


Hal yang perlu diperhatikan saat membuat program kursus

  1. Jangan gunakan  LMS (Learning Manajemen System) yang tidak kokoh sehingga ketika member sudah lebih dari 500 mulai banyak eror seperti: situs yang lemot, konsumen tidak bisa login dan berbagai eror yang mengganggu pengembangan kursus berikutnya. 
  2. Berjualan kursus berbeda dengan berjualan bakso. Jika orang beli bakso dan enak. Orang tersebut akan beli seumur hidup. Berbeda dengan kursus. Orang tidak akan membeli kursus yang sama berkali kali. Kita perlu strategi untuk membuatnya sustainable
  3. Tidak memahami otomatisasi sistem sehingga banyak pekerjaan manual yang menyita waktu. 

             Saya telah membuat panduan khusus bagaimana mengkonsep suatu kursus , membesarkan skalanya, memahami elemen apa saja yang diperlukan untuk membangun program pelatihan online agar sustainable.

             Kursus ini bernama " Blueprint Pendidikan Digital". Kursus ini memberikan gambaran besar untuk membuat Anda siap menghadapi gelombang pendidikan digital saat ini! 

            Saya sangat yakin dengan memahami panduan ini, Anda siap menjadi pemimpin, pakar, pembicara nasional untuk bidang ilmu pengetahuan yang sesuasesuai dengan passion Anda!

Klik link dibawah ini untuk join waiting Listnya:

Ridho

Artikel oleh Ridho

Diterbitkan 30 November 2022